Langkah Pejabat Struktural Berikan Penilaian Kinerja yang Proporsional

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Pejabat struktural di lingkup pemerintahan diharapkan memiliki kemampuan manajerial, salah satunya adalah kemampuan memberikan penilaian kinerja. Penilaian yang proporsional dapat diraih apabila atasan dan bawahan mampu menjalin komunikasi sejak membuat kesepakatan kerja hingga penilaian kinerja untuk menghindari bias. 

"Masalah bias merupakan hal yang cukup kritis dalam hal penilaian kinerja," ujar Kepala Biro SDM dan Umum Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Sri Rejeki saat membuka kegiatan Pelatihan Penilaian Kinerja bagi Pejabat Struktural di lingkungan Sekretariat dan Inspektorat Kementerian PANRB, Kamis (26/09). 

Dapat dikatakan bahwa kinerja organisasi merupakan sebuah rangkaian kerja tim, mulai dari atasan hingga bawahan. Atasan harus jeli dalam memberikan penilaian kinerja individu karena hasilnya akan berdampak bagi seluruh organisasi. Selain itu, penilaian kinerja yang tidak subjektif mendorong efisiensi penggunaan anggaran negara karena nantinya penilaian ini akan menentukan tunjangan kinerja.(p/ab)